Yamaha kembali menunjukkan kepedulian melalui program CSR (Corporate Social Resposibility) dengan menyediakan sistem pengolahan air minum bersih yang berlokasi di SDN 101846 Kutalimbaru, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang.
Acara ini sekaligus menandai pemanfaatan instalasi Yamaha Clean Water Supply System model YCW-008A, yang mampu memasok air minum sehat hingga 8.000 liter per hari atau sekitar 400 galon, untuk memenuhi kebutuhan hingga 500 kepala keluarga.
“Kehadiran fasilitas ini diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dasar seperti kesehatan, kebersihan, serta peningkatan kesejahteraan dan produktivitas,” ungkap Takeshita Naotaka, President Director PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia (YMNI) yang juga menjabat sebagai Vice President Director di PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM), Kamis (25/9).
Takeshita menjabarkan, sejak 2010 YMNI telah merealisasikan 14 unit Yamaha Clean Water (YCW) berbagai tipe di sejumlah daerah rural di Indonesia, mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat hingga Papua.
Langkah ini menjadi bukti nyata komitmen Yamaha dalam mendukung akses air bersih yang layak dan berkelanjutan.
”Yamaha konsisten melakukan CSR untuk ikut mengatasi masalah isu lingkungan misalnya tentang air minum bersih, bersama mitra bisnis, pemerintah, dan stakeholders. Hal ini sejalan dengan program Sustainable Development Goals (SDG’s). Upaya yang kami lakukan melalui penyediaan Yamaha Clean Water Supply System, telah mendukung memenuhi kebutuhan air minum bersih di berbagai wilayah di Indonesia,” sebutnya.
“Kami terus bertindak nyata, seperti hari ini di Desa Kutalimbaru, Sumatera Utara, dengan membangun Unit Yamaha Clean Water-008A yang menyuplai air bersih untuk warga setempat. Kami harapkan keberadaan Yamaha Clean Water Supply System ini turut meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal menjadi lebih baik lagi,” sambungnya.
Ia melanjutkan selama lebih dari 50 tahun Yamaha Indonesia berdiri, berkomitmen untuk terus membangun budaya inovasi yang sejalan dengan filosofi Yamaha sebagai ‘Kando Creating Company’ dalam menghadirkan produk dan layanan unggulan yang selaras dengan kepedulian sosial dan lingkungan.
“Tahun 2025 menandai bukti nyata kepedulian tersebut, dimana YIMM menjadi satu-satunya produsen sepeda motor di Indonesia yang meraih GREEN PROPER Award 2025 dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), untuk seluruh plant produksinya. Penghargaan ini bukan hanya pencapaian perusahaan, tetapi juga semangat perusahaan untuk terus berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar,” ujar Takeshita.
Hal senada juga disampaikan Dyonisius Beti, President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menurutnya program penyediaan sistem air bersih merupakan salah satu program CSR yang dilakukan oleh YIMM yang berkolaborasi dengan berbagai stakeholder termasuk pemerintah setempat.
“Program ini sudah berjalan di beberapa daerah seperti Mojokerto, Jawa Timur, dan terbukti membantu meningkatkan kesehatan sekaligus membuka peluang ekonomi masyarakat. Kini, dukungan serupa kami hadirkan di Desa Kutalimbaru, Sumatera Utara, dengan bangga menghadirkan produk unit Yamaha Clean Water Supply System. Teknologi ini ramah lingkungan, mudah digunakan, murah perawatan, dan yang terpenting dapat memberikan akses air bersih yang lebih layak untuk keluarga, anak-anak, dan generasi mendatang,” kata Dyonisius.
Rangkaian seremoni ini juga diisi dengan berbagai aktivitas sosial yang memberi manfaat langsung bagi masyarakat. Melalui program Yamaha Learn & Play, siswa/i SDN 101846 mendapat edukasi tentang pentingnya air bersih menggunakan metode Jepang Khamisibai, serta pembelajaran dini safety riding bersama Yamaha Riding Academy (YRA) dan praktik berkendara menggunakan Yamaha PW-50. Yamaha juga turut meningkatkan kenyamanan belajar siswa dengan melakukan pengecatan sekolah.
Selain itu, Yamaha menyediakan program Servis Berhadiah bagi masyarakat pengguna sepeda motor Yamaha, layanan pengecekan kesehatan gratis, serta sesi senam sehat bersama yang disertai Hiburan musik dari artis lokal yang memeriahkan suasana.
Melalui aksi nyata ini, Yamaha kembali membuktikan diri sebagai Kando Creating Company—tidak hanya menghadirkan inovasi produk dan layanan, tetapi juga kontribusi nyata untuk masyarakat dan lingkungan.