Perlunya ketangkasan para tekhnisi dalam melakukan servis motor konsumen. Hal inilah yang menjadi dasar diadakannya Kontes Tekhnisi Handal Main Dealer Shop di Kantor PT Alfa scorpii, Jalan Adam Malik No. 34, Medan, Rabu (7/12/2022).
Supervisor Instruktur PT Alfa Scorpii, Aulyah Rahmandana mengungkapkan kontes ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan kerpecayaan konsumen saat melakukan servis di bengkel resmi Yamaha. “Agar konsumen puas dan yakin terhadap kinerja dan hasil pelayanan servis di dealer Yamaha. Bahwasanya pengerjaan tekhnisi Yamaha sudah sesuai prosuder standar dari Yamaha,” jelas pria yang akrab disapa Dana ini.
Sebanyak 146 tekhnisi dari Main Dealer Shop Yamaha area Medan, Sumut, dan Aceh mengikuti tes seleksi yang dilakukan secara online. Hingga sebanyak 20 tekhnisi yang terjaring dan lanjut ke tahap berikutnya.
Pada babak final, 20 peserta pun kembali melakukan tes hingga terpilih lima tekhnisi yang akan bersaing di babak final. Tiga diantaranya merupaka tekhnisi dari Sentral Yamaha Medan yaitu Ramadhana Barus, Rizky Andrianto, dan Bima Anwar Sitompul. Berikutnya Aji Bagus Syahputra yang merupakan perwakilan dari Alfa Scorpii Bilal dan Adam Permana yang menjadi perwakilan Alfa Scorpii Pematangsiantar.
Tim juri melakukan penilaian dengan sangat teliti kepada para peserta. Mulai dari tes SOP hingga pemahaman mengenai motor. Ramadhana Barus yang merupakan perwakilan dari Sentral Yamaha Medan akhirnya keluar sebagai pemenang pada kontes ini dan berhak mendapatkan hadiah trophy beserta uang tunai sebesar Rp 3.000.000.
Juara kedua berhasil diraih oleh Aji Bagus Syahputra (Alfa Scorpii Bilal) dan berhak mendapatkan trophy dan uang tunai sebesar Rp 2.500.000. Hingga juara ketiga yang berhasil diraih oleh perwakilan dari Alfa Scorpii Pematangsiantar, Adam Permana serta berhak mendapatkan trophy serta uang tunai sebesar Rp 1.500.000.
“Saya cukup apresiasi acaranya karena sangat mendukung tekhnisi untuk menjadi tekhnisi yang benar-benar handal. Hingga bisa memberikan hasil kerja yang maksimal untuk kepuasan konsumen Yamaha,” cerita Ramadhana Barus seusai memenangkan kontes.
Dana berharap agar kontes ini dapat dilakukan setiap tahunnya sehingga penerapan di bengkel masing-masing sesuai dengan standar yang ditentukan. “Harapan saya untuk pemenang agar dapat menerapkan apa yang di lombakan ke kerjaan di bengkelnya masing-masing. Sehingga kepuasan konsumen tetap terjaga,” tutup Dana.